Orahua Niha Keriso Protestan

Posted on Juli 23, 2010 oleh

1


ALAMAT
Pusat Tagala Lahomi,
KECAMATAN SIROMBU 22863 – KAB NIAS, SUMATERA UTARA
Blogsite. onkp.wordpress.com

STATISTIK
Denominasi gereja: Lutheran
Wilayah pelayanan: Nias
Jumlah Jemaat: 179 gereja
Jumlah anggota jemaat: 57.000 jiwa
Jumlah hamba Tuhan: 47 pendeta.

BADAN PENGURUS
Ephorus : Pdt. Eliakim Waruwu, STh, SIp
Sekretaris Jenderal : Pdt. Matias Daeli, STh
Bendahara Pusat (Benpus) : Pdt. Yupiter Laia, STh

TENTANG GEREJA
Orahua Niha Keriso Protestan atau disingkat ONKP adalah gereja Kristen di nias yang merupakan pecahan dari BNKP. Alasah pemisahan diri adalah banyaknya pengaruh-pengaruh adat dalam kekristenan dan lemahnya pelayanan terutama dalam hal pastoral yang membuat orang percaya di Nias lebih menggantungkan hal-hal takhayul daripada keimanan kepada Tuhan Allah,
Dengan fokus pelayanan berkaitan tentang pembangunan iman spiritual umat kristen warga jemaat ONKP tetang kebangkitan rohani ( Fangesa Dodo)

SEJARAH GEREJA
Gereja ONKP bertumbuh dari pekerjaan utusan Injil E.L. Denninger dari lembaga penginjilan Rheinische Missions-Gesselschaft (RMG) di Barmen, Jerman. Denninger mendarat di Gunung Sitoli pada 27 September 1865.

Pada hari raya Paskah 1874, pertama kali dilayankan sakramen baptisan kepada 25 orang warga suku Nias. Salah seorang tokoh Nias yang berperanan besar dalam usaha pemberitaan Injil ialah kepala kampung, Ama Mandranga. Upaya supaya jemaat-jemaat Nias menjadi swadaya telah dimulai agak dini. Sarana yang hendak disebut terakhir ialah penerjemahan Alkitab dan buku-buku lain ke dalam bahasa Nias (Utara) oleh pekabar Injil H. Sundermann, dengan bantuan Ama Mandranga dan beberapa orang Nias lannya. Injil Lukas selesai diterjemahkan ke dalam bahasa Nias pada 1874, dan seluruh Perjanjian Baru diselesaikan pada 1891.

Sementara itu, di kalangan masyarakat Nias sendiri terjadi penyembuhan melalui doa, mimpi-mimpi, keadaan ekstatis. Lahirlah juga sejumlah besar lagu gereja yang baru. Orang melakukan doa syafaat yang satu untuk yang lain. Kuasa adat berkurang. Anggota jemaat bergairah mengabarkan Injil kepada yang belum menerimanya.

Pada 16 April 1952 terbentuklah Gereja baru dengan nama Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP). dengan BPH pertama :
Presiden : Pdt. Dalihuku Marunduri
Sekretaris : Pdt. Dalimanö Hia
Bendahara : Snk. Huno Hia
Komisaris : Pdt. Fangaro Gulö
Penasehat : Pdt. Fosasi Daeli

Sumber:
onkp.wordpress.com.

Iklan
Ditandai: