FAQ

Frequently Asked Question (FAQ)

Pertanyaan yang Paling Sering diTanya (PyPST)

  • Apa itu ProfilGereja (PG)?
  • Apa itu PPGI (Tim PPGI)?
  • Apa sudut pandang keimanan yang Tim PPGI yakini?
  • Apa tujuan Tim PPGI meliput gereja-gereja Kristen?
  • Mengapa harus meliput dan mendata?
  • Mengapa harus gereja?
  • Gereja-gereja apa saja yang diliput dan di data?
  • Apakah gereja-gereja yang merupakan bagian dari sebuah sekte dapat ikut diliput?
  • Mengapa hanya denominasi tertentu saja yang diliput?
  • Apakah Tim PPGI turun ke lapangan utuk meliput?
  • Apakah ProfilGereja (Tim PPGI) berasosiasi dengan salah satu aras / denominasi gereja?
  • Apakah isi tulisan dalam ProfilGereja dapat dianggap netral?
  • Apa saja intisari dan batasan dalam penulisan satu profil gereja?
  • Mengapa bagian “Badan Pengurus” hanya terdiri dari “ketua, sekretaris, bendahara” (atau yang setingkat)?
  • Apakah data yang tersedia valid?
  • Bagaimana cara mengetahui jika ada gereja yang telah diliput pindah tempat?
  • Apakah alamat gereja / paroki yang tertera telah di cek keberadaanya / valid?
  • Dari mana sajakah materi tulisan dan data-data di dapat?
  • Bagaimana jika data dan materi yang tersedia di ProfilGereja disalahgunakan oleh orang yang salah?
  • Jika terjadi kesalahan penulisan, apa yang harus saya lakukan? Dapatkah saya menghubungi Tim PPGI untuk melakukan perubahan?
  • Dapatkah saya memberikan kontribusi tulisan kepada ProfilGereja?
  • Syarat-syarat untuk berkontribusi?
  • Mengapa ada beberapa gereja tidak terdata?
  • Bagaimana mencari gereja / jemaat / paroki tempat saya beribadah, di dalam ProfilGereja?
  • Bagaimana jika pendeta / uskup / pastor / hamba Tuhan yang memimpin gereja/ jemaat/ paroki / sinode / keuskupan / majelis daerah / kongregasi kami telah diganti / meninggal ?
  • Apakah ProfilGereja mempunyai hak cipta dalam mempublikasikan tulisan dari gereja-gereja yang ada?
  • Bagaimana cara mengutip tulisan yang ada dalam ProfilGereja?
  • Bagaimana cara menghubungi Tim PPGI?
  • Mengapa Komentar saya tidak muncul?
  • T: Apa itu ProfilGereja (PG)?
    J: ProfilGereja (tanpa spasi) disingkat PG adalah sebuah blogsite yang menyediakan informasi gereja-gereja (persekutuan) Kristen dan hal-hal yang berkaitan dengan kekristenan. Blogsite ini diperuntukkan bagi orang-orang percaya ataupun mereka yang mempunyai simpati serta panggilan hati yang tulus pada pengembangan kekristenan di Indonesia. Blogsite ini dikelola oleh Tim PPGI

    T: Apa itu PPGI (Tim PPGI)?
    J: PPGI (disebut juga Tim PPGI) adalah kepanjangan dari Peliputan dan Pendataan Gereja di Indonesia. Merupakan kumpulan anak-anak muda Kristen yang bosan dan sedih dengan perpecahan yang timbul di dalam gereja (oleh para hamba Tuhan / jemaat) yang berakibat pada sering munculnya salahpaham / ketidak mengertian antara gereja yang satu dengan yang lain serta mendangkalnya pemahaman orang percaya tentang gereja-gereja Kristen (diluar organisasi gereja mereka) yang ada di sekitar mereka yang menimbulkan narsisme denominasi dan organisasi serta keacuhan untuk saling melayani.
    Tim PPGI sangat rindu untuk mengingatkan kembali kepada tiap gereja / persekutuan yang ada di Indonesia untuk tetap berfokus kepada perintah yang Tuhan Yesus sampaikan sebelum terangkat ke Surga yakni “kabarkan Kabar Baik hingga ke ujung dunia”. dengan salah satu upaya yakni pembuatan blog ProfilGereja.
    Tim PPGI tidak berposisi dibawah atau diatas salah-satu denominasi Kristen ataupun Pemerintah, sehingga kami hanya terpaut di bawah satu pimpinan yakni Tuhan Yesus Kristus sang Penyelamat umat manusia. serta Roh Kudus yang selalu mendampingi kami melakukan pelayanan.
    Oleh sebab itu kami adalah satu kesatuan dalam Kristus sehingga di dalam Tim PPGI tidak ada satu atau dua orang yang luar biasa tetapi kami semua adalah tim yang luar biasa.

    T: Apa sudut pandang keimanan yang Tim PPGI yakini?
    J: Kami (Tim PPGI) mempunyai keyakinan pada Alkitab yang adalah Firman dari Allah yang Hidup, Tritunggal (Allah Bapa, Allah Anak dan Roh Kudus), Gereja (yang esa, am dan kudus) yang adalah persekutuan orang percaya, Sakramen, Baptisan, Upah dosa ialah maut (yang menjadi penghalang antara manusia dan Allah), Penebusan yang hanya melalui Yesus Kristus, Kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali dan Kehidupan yang kekal.

    T: Apa tujuan Tim PPGI meliput gereja-gereja Kristen?
    J: Tujuan kami meliput gereja-gereja Kristen antara lain:

    • Agar setiap orang percaya saling mendukung dan menolong gereja atau persekutuannya dalam dana, pelayanan, kesaksian dan doa.
    • Agar setiap orang percaya dapat saling menguatkan dan semakin bersatu dalam semangat penginjilan akan Kristus hingga Maranatha.
    • Agar setiap orang percaya dapat saling memperhatikan saudara-seiman di sekitar tanpa memandang denominasi atau organisasi gereja yang ada.
    • Agar setiap orang percaya dapat mengenali lebih dekat, sejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan denominasi / organisasi gereja yang diikutinya.
    • Agar setiap orang percaya yang akan mengunjungi persekutuan /gereja yang ada di wilayah lain dapat mengetahui seluk-beluk tentang gereja yang akan di kunjungi, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri mereka dengan baik.

    T: Mengapa harus meliput dan mendata?
    J: Kami mempunyai keyakinan bahwa semua pengikut Kristus mempunyai harkat dan derajat yang sama dalam pelayanan dan penginjilan, sehingga kami memandang kekristenan di Indonesia sebagai satu kesatuan utuh yang harus dipublikasikan secara luas dengan tingkatan publisitas yang sama. dengan metode yang kami gunakan yakni: bukan kami yang menunggu anda untuk mencari tahu, tetapi kamilah yang mengajak anda untuk mencari tahu.

    T: Mengapa harus gereja?
    J: Karena gereja adalah dasar peletakan pertama kekristenan, baik pada saat Tuhan Yesus Kristus masih hidup, setelah Ia terangkat ke surga dan saat Roh Kudus datang pada Pentakosta, menemani seluruh umat manusia untuk menunggu kedatanganNya yang kedua kali.

    T: Gereja-gereja apa saja yang diliput dan di data?
    J: Gereja yang berasaskan Tritunggal

    T: Apakah gereja-gereja yang merupakan bagian dari sebuah sekte dapat ikut diliput?
    J: Ya, selama Pemimpin sekte dan/atau jemaat tersebut tidak menggangap dirinya Mesias, Mencampurkan (menambahkan, merubah) ajaran di dalam Alkitab dengan kitab lain (doktrin lain), tidak membuat ramalan-ramalan aneh, tidak berlagak seperti tuhan (titisan Tuhan), tidak tinggal dalam ke-ekslusifitas yang tinggi (egoisme aliran/ denominasi gereja yang tinggi), tidak mencap orang diluar gereja/sekte mereka sebagai kafir yang tidak perlu diselamatkan dan yang paling penting tidak merubah doktrin keimanan Kristen.

    T: Mengapa hanya denominasi tertentu saja yang diliput?
    J: Karena denominasi tersebutlah yang kami yakini masih mempertahankan dan menerapkan pola kekristenan yang berasal dari Yesus Kristus, sang kepala Gereja.

    T: Apakah Tim PPGI turun ke lapangan utuk meliput?
    J: Untuk saat ini, kami masih belum turun lapangan (tunggu pemberitahuan terbaru via FB / TW / GB).

    T: Apakah ProfilGereja (Tim PPGI) berasosiasi dengan salah satu aras / denominasi gereja?
    J: Walau kami adalah anak muda yang berasal dari berbagai denominasi gereja yang berada di bawah organisasi gereja yang beda,  namun dalam hal ini (ProfilGereja) kami tidak dikontrol atau dibawahi oleh salah satu/ beberapa aras gereja, kami bersikap netral dalam mewakili pandangan dari tiap-tiap denominasi dan organisasi. serta berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja sama dengan semua aras gereja (PGI, KAWALI, PGLII, PGPI, GOI, GMAHK, BK)

    T: Apakah isi tulisan dalam ProfilGereja dapat dianggap netral?
    J:  Ya, materi tulisan yang ada didalam ProfilGereja dapat dianggap netral. Walau begitu, kami sadari bahwa kami masih kurang dalam hal dana dan daya, sehingga materi yang didapat kadang kala hanya ditulis secara garis besar sehingga isinya kurang akurat. Sehingga kami akan terus mengembangkan (memperkaya) dan memperbaharui isi tulisan di dalam PG secara terus-menerus dengan tidak mempengaruhi isi tulisan sehingga informasi yang di dapat tersebut dapat dianggap sah dan akurat.

    T: Apa saja intisari dan batasan dalam penulisan satu profil gereja?
    J: Kami hanya menulis tentang alamat, statistik, badan pengurus, pengenalan sekilas tentang gereja, sejarah singkat tentang gereja, dan hal-hal yang berkaitan dengan gereja tersebut .

    T: Mengapa bagian “Badan Pengurus” hanya terdiri dari “ketua, sekretaris, bendahara” (atau yang setingkat)?
    J: Sebab tidak semua gereja memberikan daftar badan pengurus mereka dengan lengkap, sehingga kami memutuskan untuk memasukkan hanya tiga jabatan itu saja.

    T: Apakah data yang tersedia valid?
    J: Kami yakin dan percaya bahwa data yang kami sediakan adalah data yang valid sehingga dapat dipakai sebagai referensi yang diperhitungkan.

    T: Bagaimana cara mengetahui jika ada gereja yang telah diliput pindah tempat?
    J: Beberapa gereja kadang tidak ingin memberitahukan kepindahan mereka dengan sebab-sebab khusus sehingga kadang-kala data yang kami sediakan adalah data lama. Oleh sebab itu kami dengan penuh kerendahan hati memohon bantuan saudara-saudari yang mengetahui pindahnya gereja tersebut, dapat memberitahukanya kepada kami
    sehingga kami dapat memperbaharui data yang ada.

    T:Apakah alamat gereja / paroki yang tertera telah di cek keberadaanya / valid?
    J:  Ya, namun begitu ada beberapa gereja yang berpindah-pindah tempat ( dengan alasan: sewa tempat, kontrak dll), ada yang menggunakan gedung yang sama dengan dengan gereja lain dan ada pula yang melaksanakan ibadah mereka di rumah-rumah. Sehingga kami-pun berusaha untuk memperbaharuinya.

    T: Dari mana sajakah materi tulisan dan data-data di dapat?
    J: Dari buku-buku terbitan penerbit Kristen (BPK Gunung Mulia , Penerbit Andi, Metanoia, Gandum Mas, Kalam Hidup) buku-buku sekuler (Gramedia, Balai Pustaka), Situs referensi (Wikipedia.org, Knowledgerush.com , Websterdictionary.com, WhatIsACult.com, Oikumene.net, adherents.com), situs dari gereja Kristen yang diliput, majalah-majalah Kristen, pamflet-pamflet, modul-modul gereja serta survey langsung di lapangan .

    T: Bagaimana jika data dan materi yang tersedia di ProfilGereja disalahgunakan oleh orang yang salah?
    J: Kami yakin dan percaya Tuhan Yesus Kristus sang Juru Selamat seluruh umat manusia di dunia ini melihat keadalam hati dan nurani dari tiap manusia yang ada sehingga, setiap pikiran buruk yang muncul dalam benak orang / kelompok tersebut dapat lenyap dan akhirnya mereka-pun dapat mengetahui bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya Jalan Keselamatan Sejati.

    T: Jika terjadi kesalahan penulisan, apa yang harus saya lakukan? Dapatkah saya menghubungi Tim PPGI untuk melakukan perubahan?
    J: Ya, anda dapat memberitahukan perubahan tersebut dengan diperkuat oleh data-data yang valid.

    T: Dapatkah saya memberikan kontribusi tulisan kepada ProfilGereja?
    J: Ya, kami menerima kontribusi yang diberikan oleh anda dengan penuh sukacita, sebab Kami yakini bahwa anda adalah orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dengan kami.

    T: Syarat-syarat untuk berkontribusi?
    J: Buatlah formulir dengan format: nama lengkap, tgl lahir, asal gereja, alamat jelas, pekerjaan, status pendidikan, email, no hp/telp, alasan berkontribusi. dan isilah semuanya dengan lengkap dan jelas serta kirimkan ke email kami (profilgereja[at]gmail.com).

    T: Mengapa ada beberapa gereja tidak terdata?
    J: Mengingat wilayah NKRI yang luas, sedikitnya Anggota Tim yang ada serta minimnya dana yang tersedia. Kami pun tidak serta-merta dapat meliput semua gereja yang ada dari Sabang hingga Merauke secara cepat, lengkap dan cermat. Sehingga kami pun dengan penuh kerendahan hati memohon kesediaan saudara-saudari yang mempunyai kerinduan dalam pelayanan ini dapat turut serta berkontribusi bersama kami.

    T: Bagaimana mencari gereja / jemaat / paroki tempat saya beribadah, di dalam ProfilGereja?
    J: Kami mengandalkan dua mesin pencarian yakni: dari pencarian internal WordPress.com dan pencarian umum Google.com yang keduanya masih dalam proses pembaharuan.

    T: Bagaimana jika pendeta / uskup / pastor / hamba Tuhan yang memimpin gereja/ jemaat/ paroki / sinode / keuskupan / majelis daerah / kongregasi kami telah diganti / meninggal ?
    J: Kami mohon dengan sangat, beritahukan hal tersebut kepada kami jika terjadi hal-hal seperti itu. Kami sangat menghargai bantuan anda (sebab kontribusi sekecil apapun sangatlah berarti bagi kami).

    T: Apakah ProfilGereja mempunyai hak cipta dalam mempublikasikan tulisan dari gereja-gereja yang ada?
    J: Secara resmi kami belum mempunyai hak cipta. sebab materi yang kami dapat merupakan hasil kumpulan tulisan dari gereja tersebut. Namun setidaknya kami telah memperoleh ijin dari beberapa organisasi dan aras gereja untuk mempublikasikan kembali materi yang ada di ProfilGereja sehingga secara moral kami menganggapnya sebagai hal yang sah.

    T: Bagaimana cara mengutip tulisan yang ada dalam ProfilGereja?
    J: Kami sangat menghargai anda jika anda memakai tulisan kami sebagai referensi. Jika anda ingin menggunakan tulisan kami pada tulis anda. pada akhir tulisan tulislah: “dikutip dari Profil Gereja di Indonesia” (tanpa tanda kutip)

    T: Bagaimana cara menghubungi Tim PPGI?
    J: Untuk saat ini, ada dua cara menghubungi kami yakni melalui Facebook (pesan dan dinding: chatting nonaktif) dan Google Buzz (pesan dan dinding: chatting nonaktif). Namun jika anda ingin bertanya hal-hal berkaitan dengan TimPPGI, kami sarankan anda memberi pesan melalui email kami.

    T: Mengapa Komentar saya tidak muncul?
    J: Kami tidak akan menyetujui pernyataan dan pertanyaan yang menyudutkan satu/ beberapa/semua gereja, terlebih jika mengajak untuk debat kusir tentang teologi ataupun hal-hal yang berkaitan dengan kekristenan di Indonesia dan di dunia. Kami juga menolak pernyataan yang di dalamnya terselip promosi iklan, situs sampah (anti-Kristen, porno, okultisme, dll), situs iklan, spam, script, dan pernyataan yang tidak berkaitan dengan materi penulisan. Jika komentar anda tidak muncul dalam beberapa jam atau paling lambat tiga hari setelah di posting maka pernyataan atau pertanyaan anda termasuk dalam kategori di atas.
    (Namun jika sempat kami akan mengucapkan terima-kasih atas komentar anda ^_^)

  • kembali ke atas
  • © 2010 oleh Tim PPGI.
    Halaman ini dibuat: Juli 2010. Gubahan terbaru: Juli 2010.
    Mohon beri komentar, pertanyaan, koreksi, dan hal-hal berkaitan dgn FAQ ke profilgereja@gmail.com

    %d blogger menyukai ini: